Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Cek Tiket logo

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur – Bagi Anda yang ingin berwisata sambi belajar sejarah ke daerah Jawah Tengah maka salah satu tempat wisata yang perlu Anda kunjungi adalah Candi Borobudur. Namun, jika Anda belum mengetahui harga tiket masuk Candi Borobudur tersebut dan sedang mencari Informasi yang terkait dengan harga tiket masuknya. Maka berikut ini akan kami sajikan sebuah artikel mengenai harga tiket masuk ke Candi Borobudur beserta dengan jam buka Candi Borobudur. Info harga tiket Candi Borobudur ini tentunya sudah sesuai dengan data yang disajikan oleh website resmi wisata Candi Borobudur.

Candi Borobudur

Objek Wisata Candi Borobudur

Objek Wisata Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan tempat wisata yang kerap sekali digunakan sebagai wisatar tour baik itu bagi para wisatawan dalam negeri sendiri maupun para wisatawan manca negara. Kesan baiknya dari wisata ini adalah, wisata Candi Borobudur ini adalah tempat semacam vihara terbesar yang ada didunia dan juga merupakan sebagai salah satu dari warisan 7 keajaiban dunia yang perluh dijaga kelestarianya. Sebagai salah satu tempat peninggalan yang bersejarah ini, Candi Borobudur banyak menunjukkan kesan klasiknya yang juga memiliki kultur atau ciri khas tersendiri yang kerap menjad hal yang sangat mengagumkan bagi para pengunjungnya. Disisi lain yang juga apabila Anda menaiki bagan dari Candi Borobudur, pastinya Anda akan dapat melihat banyak sisi yang indah dan elok dari sisi yang lain.

Candi Borobudur sendiri merupakan salah satu bangunan kuno peninggalan bersejarah dari para leluhur pada zaman dahulu. Candi Borobudur ini Dibangun Oleh Dinasti Syailendra, karena itu Candi yang berada di alamat Jl Bradrawati Desa Borobudur, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah ini sampai saat ini masih terawat dengan baik sehingga banyak para wisatawan yang berasal dari berbagai kota di Indonesia bahkan hingga dari mancanegara yang berkunjung ke tempat ini terutama pada saat liburan tiba. Candi Borobudur ini telah menjadi icon negara Indonesia.

Tempat wisata yang satu ini dapat menjadi salah satu tempat pilihan untuk berlibur bersama keluarga maupun kerabat karena selain untuk berwisata, disana juga bisa dijadikan sebagai tempat edukasi terutama bagi anak-anak karena mereka bisa mengenal salah satu dari 7 keajaiban dunia yang sangat menarik untuk dilihat. Candi Borobudur disebut sebagai salah satu peninggalan bersejarah terbaik yang ada didunia dan tidak main-main oleh UNESCO sendiri dicatat dalam World Wonder Heritages sehingga tak heran jika banyak wisatawan dari manca negara yang ingin secara langsung melihat kemegahan dari candi peninggalan bersejarah yang memiliki koleksi relief patung Budha terlengkap dan juga terbanyak didunia.

Spot foto Candi Borobudur

Spot foto Candi Borobudur

Nah, selain keindahan alam yang ada disekitar Candi Borobudur itu sendiri, Borobudur juga memiliki banyak hal yang tersimpan, yakni seperti halnya bebatuan di bagan Candi Borobudur itu ternyata tidak ada yang namanya perekat, yang dimaksudkan adalah Candi Borobudur hanya sebongkah batu yang bertumpuk. Sebagai salah satu dari warisan 7 keajaiban dunia ini, wisata Candi Borobudur banyak sekali menyimpan relief patung budha yang telah tersimpan rapi di dalam zona-zonanya.

Zona di Candi Borobudur

Ada 3 zona yang terdapat di Candi Borobudur, berikut ini penjelasannya:

1. Kamadhatu
Zona pertama yaitu bernama Kamadhatu, diberi nama Kamadhatu karena memiliki filosofi yang mencerminkan alam dunia yang terlihat dan sedang dialami oleh manusia sekarang. Pada zona Kamadhatu terdapat 160 relief yang menjelaskan hukum sebab akibat atau Karmawibhangga Sutra. Relief disini begitu jelas digambarkan mengenai sifat dan nafsu manusia yang terjadi di waktu ini seperti membunuh, merampok, memperkosa, fitnah, dan penyiksaan. Tudung stupa yang ada di bagian dasar pada zona Kamadhatu ini sengaja dibuka secara permanen, dengan tujuan agar pengunjung dapat melihat keindahan relief yang tersembunyi di bagian bawah.

2. Rupadhatu
Zona kedua yang ada di Candi Borobudur adalah Rupadhatu. Nama Rupadhatu dipilih karena memiliki arti sebagai alam peralihan, maksudnya adalah manusia telah dibebaskan dari urusan dunia. Disini terdapat 328 patung Buddha yang begitu indah dan juga memiliki hiasan relief pada ukirannya. Sebuah penelitian menurut manuskrip Sansekerta pada bagian ini terdiri dari 1300 relief yang berupa Gandhawyuha, Jataka, Lalitawistara, dan Awadana yang membentang sejauh 2,5 kilometer dengan total hingga 1212 panel.

3. Arupadhatu
Zona ketiga ini merupakan tempat yang sangat sakral, dinamakan Zona Arupadhatu karena memiliki arti alam tertinggi, rumah Tuhan. Tempat ini memiliki tiga serambi dengan bentuk lingkaran yang mengarah ke kubah dan menggambarkan tentang kebangkitan dari dunia. Tidak terdapat ornamen, relief, maupun hiasan yang menggambarkan dari kemurnian tertinggi ini. Serambi yang ada pada Arupadhatu terdiri dari stupa berbentuk lingkaran yang berlubang, lonceng terbalik, dan berisikan patung Buddha yang mengarah ke bagian luar candi. Setidaknya terdapat 72 stupa yang ada di zona Arupadhatu ini.

Nah, bagi Anda yang bingung mencari tempat berlibur maka Candi Borobudur ini bisa Anda jadikan pilihan yang menarik. Namun, sebelum pergi kesana sebaiknya Anda perlu tahu harga tiket masuk Candi Borobudur karena tiket masuk yang ditawarkan dibedakan menjadi dua kategori yakni kategori pengunjung dari Indonesia dan juga Mancanegara, Untuk lebih detailnya, Anda bisa langsung lihat daftar harga yang ada di bawah ini.

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Kategori Harga
Pelajar atau Anak Kecil di Indonesia Rp. 12.000,-
Orang Dewasa Indonesia Rp. 30.000,-
Pelajar atau Anak Kecil Luar Negeri USD 10$
Orang Dewasa Luar Negeri USD 20$

Disclaimer: Harga Tiket masuk wisata Candi Borobudur tersebut bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dari pihak tempat wisata yang menentukan.


Jam Buka Wisata Candi Borobudur

Untuk jam operasional atau jam buka wisata Candi Borobudur ini dibuka setiap hari mulai dari Jam 06.00 – 17.00 WIB, dengan waktu buka yang sangat lama maka para wisatawan dapat puas menjelajahi candi dan apa yang ada disekitarnya.

Peta Lokasi Candi Borobudur

Harga Tiket Masuk Wisata Lainnya

Itulah informasi yang terkait Harga Tiket Masuk Candi Borobudur yang bisa saya berikan untuk Anda semuanya. Semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah pengetahuan bagi Anda sebelum berencana berkungjung ke wisata Candi Borobudur tersebut. “selamat menikmati wisata bersama keluarga Anda di Candi Borobudur” Sekian dan terimahkasih. Salam https://cektiket.id.

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur | Bilqis | 5.0
/* */